Chapter 1 Software Process

Social Learning Process
    Yang dimaksud dengan learning process adalah sebagai proses untuk mengubah ilmu pengetahuan yang dimasukkan kedalam software/perangkat lunak . prosesnya dilakukan melalui sebuah dialog di antaranya dialog antara user dan designer membicarakan ilmu pengetahuan yang akan dimasukkan kedalam software tersebut dan kemudian antara designer dan tools untuk memasukkan ilmu pengetahuan ke dalam software .

Quick Look
  1. What : meliputi tahapan tahapan yang sudah di prediksi sebelumnya . contohnya seperti peta . Hal itu sangat penting untuk mendapatkan hasil yang memiliki kualitas .
  2. Who  : software engineer, their managers, and clients merupakan pelaku pelakunya . mereka harus mengadopsi apa yang mereka butuhkan dan mengikutinya .
  3. Why  : karena itu membutuhkan stabilitas kontro dan pengorganisasian aktivitas, jika ditinggalkan tidak terkontrol dan menjadi kacau .
  4. Work Product : sebuah program, dokumen, data .
  5. What Steps : proses apa yang akan di adopsi untuk membangun perangkat lunak tersebut .
Definisi Software Process
    Kerangka untuk aktivitas yang membangun untuk mendapatkan software dengan kualitas tinggi .

Generic Process Framework :
1. communication
2. planning
3. modelling
4. construction
5. deployment

Process Flow
    Mendeskripsikan bagaimana aktivitas 5 kerangka kerja .
Terdapat 4 proses diantaranya :
  • Linier Process Flow.
Linier Process dimulai dari proses "Communication" kemudian "Planning" / merencanakan apa yang sudah di dapatkan datanya melalui komunikasi, "Modeling", "Construction" sampai dengan "Deployment".
  • Iteratif Process Flow .



 Pada Process Iteratif ini tiap bagian dapat berulang kembali atau mengulang lagi ketika membutuhkan sesuatu yang kurang . Sehingga proses ini dapat mengulang untuk mendapatkan hasil yang bagus .
  • Evoluntary Process Flow .

  • Parallel Process Flow .
Process Patterns
    Menjelaskan masalah yang terkait dengan proses selama software engineer bekerja .
Macam - macam patern diantaranya :
  1. Stage Patterns : Mendefinisikan masalah yang berhubungan dengan aktivitas .
  2. Task Patterns  : Mendefinisikan masalah dengan aksi software engineer .
  3. Phase Patterns   : Mendefinisikan urutan atau flow dari aktivitas kerangka kerja .
Software Process Models
  • Waterfall Models . 
  • Incremental Models .
  • Evolutionary Models .
  • Concurrent Development Models .

Categories: Share

Leave a Reply